Tentang Kami

Sinergitas Pemerintah, Bisnis, dan Universitas Untuk Percepatan Pembangunan

Terwujudnya tata pemerintahan yang baik (good governance) tidak lepas dari peran institusional ketiga domain, yaitu State (negara atau pemerintahan), Private sector (sektor swasta atau dunia usaha), dan Society  (masyarakat), yang saling berinteraksi dan menjalankan fungsinya masing-masing. Institusi pemerintahan berfungsi menciptakan lingkungan politik dan hukum yang kondusif; di dalamnya termasuk lembaga-lembaga politik dan lembaga-lembaga sektor publik. Sektor swasta menciptakan pekerjaan dan pendapatan dengan mendasarkan pada manajemen mutu, meliputi perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak baik di sektor formal maupun informal.  Society berperan positif dalam interaksi sosial, ekonomi, dan politik. Interaksi ketiga domain tersebut diharapkan dapat mewujudkan hubungan yang sinergis dan konstruktif serta mempunyai karakteristik dan menjunjung tinggi nilai-nilai partisipasi, rule of law, transparansi, responsivitas, consensus orientation, persamaan, efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan visi strategis.

ProRegulasi Siap Menjadi Partner
Dalam Upaya Percepatan Menuju
Good Governance khususnya dalam aspek keuangan dan finansial

Implementasi dari good governance ini masih banyak menghadapi kendala seperti belum siapnya sektor publik untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen secara profesional dan akuntabel; belum terimplementasinya konsep Total Quality Management (TQM) dan Manajemen Perubahan (Management of Change) pada sektor swasta, serta belum terwujudnya peran LSM yang signifikan dalam turut serta mempengaruhi kebijakan publik.

Untuk mengatasi kendala tersebut dan untuk mempercepat terwujudnya good governance baik pada skala nasional maupun lokal dibutuhkan adanya katalisator berupa lembaga independen yang mengakomodir berbagai domain.

ProRegulasi merupakan lembaga yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan hal itu. Dengan didukung oleh berbagai komponen masyarakat yang terdiri dari kalangan praktisi baik sektor publik maupun swasta, tokoh masyarakat, serta kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Lembaga ini bermaksud membantu melakukan percepatan bagi upaya terwujudnya good governance dan efektivitas implementasi otonomi daerah serta makin berkembang dan majunya sektor swasta untuk dapat menunjang pembangunan negeri ini.