Bimtek Pemilu 2019

Subtansi Pemilu (Pemilihan Umum) adalah sarana kedaulatan rakyat. Pemilu dihadirkan sebagai instrumen untuk memastikan adanya transisi dan rotasi kekuasaan berjalan demokratis, sarana pendorong akuntabilitas dan kontrol publik terhadap negara. Pemilu punya 4 (empat) fungsi: sebagai sarana membangun legitimasi, sarana penguatan dan sirkulasi elit secara periodik, sarana menyediakan perwakilan dan sarana pendidikan politik. Adapun lembaga negara yang diberi tugas untuk menyelenggarakan PEMILU adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Unsur Pemilu meliputi Aktor (penyelenggara pemilu, pemilih, peserta pemilu, serta calon dan pasangan calon), Sistem Pemilihan (waktu penyelenggaraan, daerah pemilihan, metode pencalonan, ambang batas perwakilan, formula perolehan kursi dan penetapan calon terpilih), Manajemen dan pelaksanaan (perencanaan dan penganggaran, persiapan, dan pelaksanaan tahapan), Penegakan hukum (pengawasan, penyelesaian pelanggaran, penyelesaian perselisihan, dan pemantauan)

Tujuan Penyatuan Pemilu

Pertama melaksanakan Putusan MK No.14/PUU-XI/2013, bahwa Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 dilaksanakan secara bersamaan. Penggabungan 3 Undang-Undang, yaitu: UU 42/2008 ttg Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden; UU 8/2012 ttg Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD; dan UU 15/2011 ttg Penyelenggara Pemilihan Umum.

Kedua Mereview substansi 3 Undang Undang tersebut guna menyesuaikan kebutuhan pengaturan Pemilu yang dilaksanakan secara bersamaan dalam Undang-Undang Pemilu.

Ketiga Menyusun kerangka besar penggabungan dengan tetap berpegang pada logika (pengaturan) Pemilu yaitu asas dan tujuan yang dijabarkan ke dalam pengaturan secara runtut.

Keempat memperkuat sistem ketatanegaraan yang demokratis, mewujudkan Pemilu yang adil dan berintegritas, menjamin konsistensi pengaturan sistem Pemilu, memberikan kepastian hukum dan mencegah duplikasi dalam pengaturan Pemilu dan mewujudkan Pemilu yang efektif dan efisien.

Untuk info penyelenggaraan bimtek dapat menghubungi 081280019900

 

Leave a Comment